Selasa, 25 November 2014

Pentingnya Pengantar Akuntansi 1 Sebagai Dasar untuk Jurusan Akuntansi dan Manajemen

Jamila Janet adalah pemimpin perusahaan rokok ternama di kota Bandung,perusahaannya menderita rugi besar selama kurang lebih 6 bulan ini, setelah ditelusuri ternyata ada karyawannya yang dengan sengaja memanupulasi laporan keuangan perusahaan, sehingga dalam 6 bulan terakhir ini dia tidak tahu bahwa banyak penurunan dalam usahanya.
           
 Mengapa Jamila janet bisa mengalami hal tersebut? Bukankah hal yang aneh jika seorang pemimpin perusahaan tidak mengerti bahwa laporan keuangan yang dibuat oleh anak buahnya penuh dengan hal-hal yang tidak masuk akal? Ternyata masalah dasarnya adalah ketidak pahaman Jamila janet tentang dasar-dasar ilmu akuntansi.
           
 Setiap awal semester 1 mahasiswa jurusan akuntansi dan manajemen selalu diberi mata kuliah pengantar akuntansi, Hal itu untuk mengantisipasi jika nanti kedepannya lulusan manajemen yang akan mempunyai usaha sendiri tidak dibodohi oleh orang-orang lulusan akuntansi dengan pembuatan rekayasa pada laporan keuangan.
   Bagi mahasiswa manajemen sangat penting mempelajari sedikit ilmu akuntansi untuk dasar mereka nantinya mempunyai usaha sendiri memang hal penting. Meskipun sebenarnya hanya sebagian kecil dari ilmu yang dipelajari. Oleh karena itu pengantar akuntansi menjadi Mata Kuliah Pokok dalam jurusan akuntansi dan manajemen.
            
Dalam jurusan manajemen S1 ini juga harus belajar mengenai akuntansi karena biasanya yang masuk jurusan S1 manajemen ingin membuka usaha sendiri. Jadi agar tidak dibodohi oleh karyawannya seorang bos atau pemilik perusahaan tersebut paling tidak harus mengetahui sedikit dasar-dasar tentang akuntansi. (Delika94.workpress.com//2011/09/05/jurusan-manajemen/
           
Di jaman yang modern ini ilmu ekonomi membawa pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan bangsa dan Negara,apa lagi melihat kondisi bangsa Indonesia yang sedang dalam kondisi ekonomi yang buruk, serta perkembangan jaman yang menuntut setiap orang untuk terus maju kearah global. Oleh karena itu banyak sekali orang yang ingin mempelajari ilmu-ilmu ekonomi.
            
Banyak orang-orang awan yang ingin mempelajari tentang pendidikan ilmu ekonomi, banyak anak-anak yang dulunya merupakan lulusan IPA yang ingin masuk kejurusan akuntansi maupun manajemen, padahal pada kenyataannya hanya sebagian anak IPA yang pernah mendapat pelajaran tentang akuntansi.
           
Bagi mahasiswa yang dulunya berasal dari jurusan IPA, mata kuliah pengantar akuntansi sangat penting untuk dipelajari dan dijadikan dasar untuk semester-semester kedepannya di jurusan akuntansi. Karena akan sangat sulit mempelajari ilmu-ilmu akuntansi tanpa penguasaan dasar-dasarnya. Oleh karena itu mata kuliah pengantar akuntansi satu selalu menjadi syarat yang paten bagi semua universitas yang mempunyai jurusan akuntansi.
            
Semakin lama semakin banyak buku-buku akuntansi yang terus diterbitkan untuk membantu mempermudah orang-orang yang ingin belajar dan memperdalam ilmu akuntansi. Banyak buku yang diterbitkan untuk orang awam, memang orang awam merupakan sasaran yang baik. Mulai dari dasar penentuan akun-akun yang digunakan dalam penulisan jurnal, dasar-dasar pemostingan kedalam jurnal umum dengan baik dan benar.
            
Tanpa penguasaan tentang dasar ilmu akuntansi maka banyak mahasiswa yang disemester semakin atas semakin kesusahan untuk mengikuti mata kuliah pokok. Dan seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa mahasiswa jurusan manajemen pun juga membutuhkan akuntansi pengantar sebagai dasar, memang tujuan mempelajari mata kuliah pengantar akuntansi di jurusan akuntansi dan manajemen sangat berbeda, tapi memang pada kenyataan dilapangan banyak atasan yang dibodohi oleh bawahannya karena kurangnya pengertian tentang ilmu-ilmu dasar akuntansi.
            
Ilmu tanpa dasar adalah ilmu yang tidak mungkin untuk dikuasai dengan baik. Oleh karena itu suatu keputusan yang sangat baik yang sudah dibuat semua universitas berjurusan akuntansi dan manajemen dalam pemberian mata kuliah pengantar akuntansi.

Karya tulis ini dibuat oleh :

Nenik Handayani ( NRP : 3203013126 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar