Senin, 24 November 2014

Lahirnya Zahir Accounting Versi 6


Mengelola sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah apalagi jika tidak adanya dukungan dari teknologi yang memadai. Kendala-kendala yang ada membuat proses pengelolaan bisnis menjadi sangat lama dan rumit. Hal ini yang menginspirasi perusahaan pengembang software (perangkat lunak) akuntansi dan bisnis  PT. Zahir Internasional merilis piranti aplikasi akuntansi Zahir Accounting. PT.  Zahir Internasional merupakan perusahaan pengembang software sejak tahun 1996 dengan didukung oleh tim terbaik dan inovator cerdas, mulai dari programmer yang handal, tim implementasi yang berpengalaman dan karyawan yang ramah terhadap pelanggan.
Perkembangan akuntansi yang terbilang pesat membuat PT. Zahir Internasional semakin termotivasi untuk selalu mengembangkan produk-produknya. Bulan Maret 2014 lalu, PT. Zahir Internasional merilis piranti aplikasi akuntansi Zahir Accounting versi 6 yang memungkinkan pengguna dapat bekerja lebih mudah dan cepat. Zahir Accounting versi 6 merupakan penyempurnaan total dari versi 5 yang telah hadir di pasar sejak tahun 2005. Peluncuran produk tersebut dilakukan di arena pameran Mega Bazaar Consumer  Jakarta.

Muhammad Ismail, menjelaskan bahwa pihaknya menghabiskan waktu cukup lama dalam mengembangkan software akuntansi tersebut. "Kami ingin mempersembahkan software akuntansi yang perfect untuk bisnis, sekaligus membuktikan tagline yang senantiasa diusung kami yakni semua jadi mudah," kata Direktur Zahir Internasional tersebut. Yang paling diunggulkan adalah Scanning & Data Entry Automation. Pengguna tidak perlu lagi menginput nota yang menumpuk yang membuat pusing karena seluruh nota yang ada itu bisa discan secara otomatis masuk ke dalam software tanpa perlu menginput kembali. Ada pula sejumlah keunggulan lainnya yang menjadikan piranti akuntansi ini sangat tepat bagi kalangan bisnis. Antara lain desain baru dan segar untuk kenyamanan dan kemudahan pengguna, handal dan tangguh untuk menangani database dan volume transaksi yang besar secara lebih cepat, tampilan analisa bisnis dan grafik keuangan lebih fleksibel dan informatif sehingga mudah dipahami dalam membaca laporan keuangan dan bisnis, kemudahan dalam penggunaan dan implementasi sehingga langsung bisa diterapkan dalam bisnis, hadirnya fitur dan fasilitas baru yang semakin melengkapi keunggulan Zahir Accounting untuk membantu proses bisnis berbagai bidang usaha. Zahir Acconting versi 6 juga dapat di gunakan pada perangkat Mobile (input transaksi langsung dari Ipad, iPhone, Galaxy S2, tablet dll) karena didukung kemampuannya yang bisa digunakan pada layar sentuh.
Menurut Muhammad Ismail, produk tersebut merupakan investasi yang tepat sasaran dan sangat efisien. "Pelanggan cukup membayar apa yang akan ia butuhkan dan gunakan saja," katanya. Harga untuk software tersebut adalah mulai dari Rp1,5 juta. Hingga kini ada sekitar 40 ribu pengguna produk aplikasi akuntansi Zahir Internasional di seluruh Indonesia. PT Zahir Internasional saat ini telah memiliki dua kantor cabang, dan didukung oleh enam agen dan reseller yang tersebar di 24 kota di seluruh Indonesia. Produsen software lokal tersebut merupakan market leader di bidang software akuntansi. Hal itu terbukti dengan diraihnya berbagi penghargaan bergengsi sampai dengan saat ini diantaranya Asia Pasifik ICT Awards ( APICTA ) 2002-2003-2004, Indonesia ICT Awards 2003 dari Presiden RI Megawati Soekarnoputri, Teknopreneur Award 2008 dan juga pengakuan manajemen mutu secara internasional ISO 9001:2008 yang mana merupakan bukti bahwa software Indonesia punya kemampuan yang cukup tinggi dan patut di perhitungkan dipasar bisnis Internasional.
Kini makin banyak pengusaha kecil dan menengah di Indonesia menggunakan Zahir Accounting. .Produk Nasional ini dinilai ‘lebih paham’ karakter dan kebutuhan akuntansi di Indonesia dibandingkan dengan aplikasi serupa bikinan asing. Salah satunya adalah UD Lestari Jakarta. “UD Lestari didirikan sekitar 40 tahun lalu, kata Wisnu Sugiarto, pemilik UD Lestari Jakarta. UD Lestari bergerak di bidang perdagangan retail dan saat ini sudah memiliki tiga cabang, dengan omzet total sekitar Rp 35 miliar sampai Rp 40 miliar per tahun. UD Lestari mengenal dan menggunakan Zahir Accounting sejak tahun 2004. “Sebelumnya kami menggunakan pencatatan manual. Namun kami sering mengalami selisih jumlah stock barang kami. Selain itu, kami tidak mengetahui status keuangan kami, apakah untung atau rugi dan seandainya untung berapa nilainya dan sebagainya,” ungkap Wisnu tentang latar belakang mengapa akhirnya dia mencari software accounting yang bisa membantunya untuk mengurus pembukuan usaha bisnisnya.
            Kemudahan pertama yang Wisnu dapatkan ketika itu adalah anatara lain, Wisnu bisa melihat grafik perkembangan usahanya, jumlah stock barang yang ada, penjualan harian, bulanan dan tahunan yang terjadi di toko, mengetahui cash flow usahanya, dan sebagainya. Selain itu, Wisnu juga senang dengan pelayanan yang diberikan oleh Zahir. “Terutama saat saya mengalami kesulitan, saya bisa menghubungi kantor Zahir walaupun hanya bisa dilakukan hanya pada hari dan jam kerja Zahir,” ujarnya. UD Lestari kini menggunakan Zahir Accounting 6.0 yang merupakan versi terbaru Zahir Accounting, dan hadir dengan tampilan yang lebih segar dan fitur yang lebih atraktif dibandingkan Zahir versi 5.0. “Untuk Zahir Accounting 6 kelebihannya adalah kecepatan dalam buka data, posting data dan sebagainya lebih baik” tutur Wisnu. Wisnu menambahkan PT Zahir Internasional harus terus berinovasi dalam mengembangkan Software Zahir Accounting. “Sehingga, bisa memberikan value yang lebih lagi bagi penggunanya,” kata Wisnu Sugiarto.

Karya ini ditulis :
Retha Septayuana (NRP : 3203013083)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar