Sistem informasi Manajemen adalah sebagai suatu sistem berbasis
komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang
sama. Para pemakai biasanya membentuk
suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya. Informasi
menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang
terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di
masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan
periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi
digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat
keputusan untuk memecahkan masalah.
Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit.
Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa
faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer
harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan
dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan munculnya peraturan dari
pemerintah.
Pengembangan SIM canggih berbasis komputer memerlukan sejumlah orang
yang berketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi
dari para manajer organisasi. Banyak organisasi yang gagal membangun SIM karena
:
1.
Kurang
organisasi yang wajar
2.
Kurangnya
perencanaan yang memadai
3.
Kurang
personil yang handal
4.
Kurangnya
partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang
sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil
yang terlibat.
Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam
keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai
keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan
diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.
Tujuan sistem informasi manajemen adalah memenuhi kebutuhan informasi
umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional
perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan
output dari berbagai simulasi model matematika.
Keberhasilan dari pembangunan tidak terlepas dari peran aktif dari
semua sektor terutama sektor transportasi. Luasnya wilayah jasa pelayanan
angkutan darat yang harus dapat dijangkau, yang meliputi seluruh wilayah
Indonesia , maka perlu dilakukan suatu penanganan khusus dalammeningkatkan
kualitas pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, mudah dijangkau,
berdaya saing dan terintegrasi. Pengelolaan pelayanan transportasi darat dalam
skala nasional merupakan pekerjaan yang kompleks. Pekerjaan ini harus
memperhitungan berbagai sub modal transportasi darat baik umum maupun pribadi,
berbagai event-event rutin maupun khusus yang dapat meningkatkan beban
transportasi darat seperti angkutan lebaran, natal dan tahun baru, liburan,
bencana alam, kondisi operasional di lapangan (kemacetan lalu lintas yang
semakin parah di kota-kota besar dan metropolitan), perkembangan
sarana-prasarana transportasi dan juga tindakan-tindakan pihak-pihak lain yang
dapat mengganggu jalannya pelayanan jasa angkutan darat. Dalam penyelenggaraan
transportasi darat, sangat perlu kecepatan informasi agar setiap permasalahan
dapat diatasi secara cepat dan semaksimal mungkin. Kondisi tersebut perlu dan
harus didukung dengan sistem teknologi informasi untuk transportasi darat yang
handal, yang mampu saling mendukung dan terpadu dengan sistem – sistem lainnya.
Transportasi darat dengan cepat, tepat, konsisten dan mudah selalu
tersedia setiap saat (Timely Available). Guna mewujudkan sistem tersebut, pada
saat ini hal tersebut sangat dimungkinkan dengan semakin pesatnya perkembangan
teknologi informasi yang didukung pula oleh perkembangan kemampuan sumber daya
manusia di Indonesia dalam penguasaan teknologi informasi. Dalam perencanaan
pembangunan transportasi darat, pemanfaatan data base dengan
menggunakanteknologi informasi berbasis GIS (Geografic Information Sistem) sangat
diperlukan. Pada tingkat operasional guna mengatasi permasalahan lalu lintas di
tingkat lokal maka penerapan Program Aplikasi Pengendalian Lalu Lintas seperti
ATCS/ITCS (Area Traffic Control System/Integrated Traffic Control System), ITS
( Intelegent Transport System), sedangkan ditingkat regional dan nasional
pengembangan Transportation Management Centre (TMC) merupakan salah satu solusi
terbaik dari sistem teknologi informasi yang dapat dikembangkan. Selain
daripada itu dalam rangka melayani kebutuhan informasi transportasi darat bagi
masyarakat dan penerapan e-governance penggunaan website, call centre, sms
centre merupakan media informasi yang efektif dan effisien sedangkan untuk
kelancaran dan kemudahan pelayanan transportasi darat pengunaan smart card
dimasa datang akan menjadi suatu kebutuhan.
Pengertian
e-ticketing
E-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu cara untuk
mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa
harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket. Semua
informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem
komputer milik airline. Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan
diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk masuk ke dalam
bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda
bukti perjalanan. E-ticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan
mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket,
menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen
perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Sejalan dengan perkembangan teknololgi informasi, internet kini muncul
sebagai alternative system distribusi informasi travel. Internet merupakan
medium yang sempurna untuk menjual paket perjalanan, karena internet sanggup
membawa jaringan supplier yang luas dan basis kostumer yang besar ke sebuah
market place terpusat. Adapun pengertian lain yaitu E-Ticketing, atau penjualan
tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk
acara lokal. Merupakan fasilitas pemesanan tiket online yang dirancang untuk
membantu kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses ke sistem jenis ini ..
Hal ini memungkinkan kelompok-kelompok masyarakat untuk meningkatkan kegiatan
dan menjual tiket secara online melalui situs web Kingston Council.
E-Ticketing sistem untuk memudahkan orang untuk membeli tiket untuk
berbagai acara semua dari satu situs web. Tiket dapat dibeli dengan cara ini
dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. Orang tanpa akses ke internet
dapat memesan tiket melalui internet publik di terminal atau perpustakaan di
Pusat Informasi dan Visitor Centre. Anda tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk
mengkhawatirkan ‘keamanan’ tiket penerbangan nantinya. Lupakan resiko hilangnya
tiket, dicuri, tertinggal, atau bahkan tercebur air. Bahkan E-ticketing
memungkinkan anda, membelikan tiket untuk kerabat pada saat mendadak. Kemudahan
yang demikian ini, merupakan bukti komitmen Garuda Indonesia terhadap
konsumennya.
Siapapun dapat membeli tiket pada sistem online. Anda harus mendaftar
pada sistem pembayaran kami untuk menggunakan sarana. Ini adalah proses yang
sangat sederhana dan membantu Anda menyimpan data yang Anda telah membeli
tiket. Promoters memiliki daerah aman pada situs e-tiket di mana mereka dapat
memantau penjualan dan mencetak off daftar orang-orang yang memesan untuk
menghadiri acara mereka. Anda perlu mendaftar sebelum Anda dapat mulai menjual
tiket. Proses pendaftaran untuk meminta informasi mengenai rincian kontak
pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat yang harus membayar tiket
pendapatan. Proses pendaftaran juga memerlukan anda untuk menerima syarat dan
ketentuan untuk penjualan tiket on-line.
Manfaat e-ticketing
Saat ini hanya ada beberapa cara untuk membeli tiket untuk kegiatan
kesenian masyarakat. Sistem ini akan memberikan Anda akses cepat dan mudah
untuk berbagai macam acara melalui satu situs. Ini dapat digunakan untuk
membeli tiket menggunakan kredit / kartu debit dan cek, yang banyak gerai tiket
tidak dapat dilakukan pada saat ini. Hal ini juga sepenuhnya aman. Setiap
organisasi yang perencanaan sebuah event dan bertanggung jawab untuk penjualan
tiket untuk aktivitas dapat meningkatkan aktivitas di situs Web. Semua
promoters yang mendaftar akan disetujui oleh administrator sebelum mereka dapat
mulai menjual tiket sehingga hanya mereka yang dapat menunjukkan bahwa mereka
yang utama Acara akan diizinkan untuk mempromosikan acara itu. Sistem ini
memungkinkan Anda untuk mempromosikan aktivitas secara gratis dan menjual tiket
untuk acara ke khalayak yang lebih luas. Hal ini juga berarti Anda tidak perlu
membayar biaya untuk menyiapkan sistem ini atau administrasi itu. E-ticketing menyediakan
banyak manfaat diantaranya :
a)
Biaya
Simpanan - Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket
tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok,
amplop dan pos.
b)
Buruh
Simpanan - Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing
tiket. Potong bawah pada upaya yang diperlukan untuk mengambil tiket untuk
membeli Akan Panggil pesanan.
c)
Aman dan
Aman - E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan
palsu dan duplikat tiket.
d)
Kehadiran
sebenarnya Pelaporan - Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri
Anda acara dan ketika mereka tiba.
e)
Instant
Pengiriman - Tiket pembeli senang menjadi mampu mencetak tiket mereka segera.
Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan
dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal
ini membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir
keputusan.
f)
Informasi
tambahan - E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta
jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.
g)
Periklanan
- E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan.
Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan
pada web Anda tiket. Sementara mempertahankan standar keselamatan yang tinggi
merupakan prioritas utama untuk memastikan keselamatan penerbangan, sejumlah
maskapai layanan penuh telah mengadopsi e-tiket mereka sebagai bagian dari
upaya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. E-sistem tiket penumpang
yang memungkinkan sebuah buku tiket pesawat untuk mendapatkan salinan mereka
terima berisi catatan Penemu atau reservasi dan nomor e-tiket nomor. Bahwa
e-tiket sangat menguntungkan bagi kedua perusahaan penerbangan dan pelancong.
menghilangkan masalah ini dan biaya yang pelancong pengalaman ketika mereka
kehilangan tiket kertas. Jika sebuah tiket boarding terputus, mendapatkan
penggantian sering mudah seperti naik ke loket tiket dan memberikan Anda nomor
konfirmasi untuk baru satu.
Sementara untuk maskapai penerbangan, e-tiket adalah lebih murah dan
lebih efisien metode pengelolaan tiket. Ia menghilangkan manual tugas yang
diperlukan untuk proses dan account untuk kertas tiket penerbangan dan
menyimpan biaya bahan lainnya, seperti tiket jaket. Seorang penumpang yang
memegang e-tiket memiliki pilihan untuk check-in online dan cetak out nya tiket
boarding di rumah atau di kantor. Layanan ini tersedia antara 30 jam dan satu
jam sebelum penumpang jadwal keberangkatan. Dengan manfaat bagi kedua
perusahaan penerbangan dan penumpang, maka tidak mengherankan bahwa semakin
banyak perusahaan penerbangan yang menyiapkan sistem tiket elektronik - sesuatu
yang telah mendapat respon antusias dari penumpang di seluruh dunia.
Langkah-langkah
e-ticketing
Dalam proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat
dilakuklan guna mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online dimana
dengan e-ticketing kita repot mengantri dalam memesan tiket.Langkah-langkah
E-Ticketing sangat praktis, reservasi adalah yang paling utama. Sabagai seorang
mobile, sibuk dan akrab dengan e-lifestyle, ada beberapa pilihan yang tersedia
bagi anda. Menelepon Call Center maskapai penerbangan yang dipilih. Langkah
berikutnya adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat
melakukannya melalui ATM, serta credit card. Call Center yang menjamin keamanan
saat memasukkan nomor credit card. Terjamin semua informasi anda akan disimpan
dengan rapi dan aman. Jika tertinggal tanda terima perjalanan, anda dapat meminta
duplikatnya di seluruh kantor penjualan tiket maskapai penerbangan (airport).
Permasalahan
dan Contoh
Saat ini permasalahan pelayanan transportasi udara yang sangat serius
terjadi di wilayah perkotaan terutama di kota-kota besar dan kota metropolitan
didunia. Dominasi penngguna pesawat terbang dalam melalukan perjalanan tidak
seimbang dengan jumlah pesawat yang ada. pada akhirnya akan menyebabkan
kepadatan penumpang yang tinggi di bandara-bandara (airport). Hal iniKondisi
ini pada akhirnya akan memunculkan problem klasik di setiap perusahaan maskapai
penerbangan, seperti halnya masalah rute penerbangan,jadwal penerbangan yang
tidak tepat dan pemesanan tiket dan lain-lain.
Salah satu solusi yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai
pemesanan tiket adalah dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap
maskapai penerbangan yang ada. Karena dengan adanya system e-ticketing dapat
memudahkan kita dalam memperoleh tiket . Namun di balik kemudahan –kemudahan
yang ada terdapat juga beberapa masalah diantaranya :
a)
Tidak
semua orang mengerti tentang internet artinya belum bisa mengoprasikan internet
itu sendiri
b)
Keterbatasan
pihak maskapai penerbangan dalam memasarkan tiketnya secara online
c)
Belum
semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online
d)
Belum
semua orang mengetahui dan paham betul tentang e-ticketing
Salah satu maskapai penerbangan yang menerapkan pemesanan tiket secara
online (e-ticketing) yaitu maskapai penerbangan AirAsia. PT. Indonesia AirAsia
merupakan kerjasama gabungan dengan maskapai berbiaya rendah yang terkemuka
Asia Tenggara. Indonesia AirAsia diluncurkan kembali pada tanggal 8 Desember
2004 sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat dan mengusung konsep yang sama
dengan Grup AirAsia. Indonesia AirAsia hadir dengan harga terjangkau dan konsep
“tanpa embel-embel” (tanpa tiket, tempat duduk bebas dan tanpa penyediaan
makanan). Indonesia AirAsia sekarang telah mengoperasikan sebelas armada Boeing
737-300 yang melayani delapan rute domestik dan lima belas rute internasional. Hingga
akhir tahun 2007, Indonesia AirAsia telah menerbangkan lebih dari 4,3 juta
tamu. Bagi Indonesia AirAsia keselamatan penumpang merupakan hal terutama.
Indonesia AirAsia selalu mengedepankan keselamatan penumpang beserta awak
pesawat dan pilot. Tidak hanya saat di udara, tetapi juga saat pemesanan,
check-in , boarding , terbang, hingga tiba di tempat tujuan. Indonesia AirAsia
mempercayakan seluruh perawatan armadanya di Garuda Maintenance Facilities
(GMF). Di tempat tersebut, dilakukan pemeriksaan rutin dan pemeriksaan
pemeliharaan tingkat rendah “A” check, hingga pemeliharaan tingkat tinggi “C”
check. Indonesia AirAsia akan terus melakukan pengembangan serta penambahan
armada untuk memenuhi antusiasme masyarakat terhadap hadirnya maskapai dengan
konsep Low Cost Carrier (LCC) yang aman dan nyaman di Indonesia. Kami ingin
semua masyarakat Indonesia, baik tua-muda, balita-lansia, sehat maupun cacat
merasakan terbang dengan nyaman dan aman menggunakan Boeing 737-300 Indonesia
AirAsia yang berkursi empuk dan mewah serta lorong kabin yang ditebari karpet
merah. Adapun kegiatan operasional AirAsia mengikuti pola operasi sebagai
berikut : Harga hemat, tanpa embel embel. Harga AirAsia selalu lebih rendah
dibandingkan maskapai lainnya. Layanan jasa seperti ini sangat cocok bagi
penumpang yang hanya ingin terbang tanpa embel embel makanan, tanpa layanan
airport lounge, tanpa mengikuti program loyalty frequent flyer miles. Semua ini
lebih baik di tukar dengan harga kursi yang 80% jauh lebih murah dibandingkan
dengan mengikutsertakan layanan layanantersebut. Tidak memberikan makanan atau
minuman. Namun AirAsia mempunyai ‘Snack Attack’, yang menyajikan berbagai macam
pilihan lezat untuk makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau dan hanya
untuk para tamu AirAsia. Tamu dapat membelinya di dalam pesawat. Frekuensi
Terbang Tinggi, Frekuensi terbang AirAsia yang tinggi bertujuan untuk
kenyamanan para tamu. Maskapai inimempraktekkan pola 25 menit untuk tinggal
landas, dimana merupakan yang paling cepat di Asia, sehingga menghasilkan
utilisasi pesawat yang tinggi, biaya makin rendah dan produktivitas
staf/maskapai yang makin meningkat. Untuk Kenyamanan Tamu, AirAsia berkomitmen
untuk memberikan pelayanan yang nyaman untuk membuat perjalanan lebih mudah.
Tamu dapat melakukan pembelian dengan kenyamanan berikut :
a)
Call
Center (Pusat Layanan Telepon) - Berdiri pada bulan februari 2004, Call Center
AirAsia berlokasi di Halim Perdana Kusuma dengan 60 layanan sambungan telepon
untuk kenyamanan para tamu dalam membeli penerbangan.
b)
Terbang
tanpa tiket - Diluncurkan pada tanggal 18 April 2002, konsep ini melengkapi
layanan pembelian dari Internet booking AirAsia dan layanan Call Center dengan
menyediakan alternatif murah biaya dari tiket cetak asli. Tamu tidak lagi perlu
repot repot untuk mengambil tiket.
c)
Beli
lewat Internet - sebagai maskapai pertama yang memperkenalkan layanan ini di
Asia, AirAsia menawarkan cara baru yang nyaman dalam membeli kursi AirAsia
melalui website www.airasia.com.Tidak perlu telepon, tidak perlu antri.
www.airasia.com di luncurkan pada tanggal 10 Mei 2002, dan sekarang tersedia
dalam 6 bahasa - English, Bahasa Malaysia, Mandarin, Thai dan Bahasa Indonesia.
d)
Reservasi
dan kantor penjualan - Tersedia di bandara dan di kota untuk kenyamanan bagi
tamu yang ingin datang langsung.
e)
Travel
agent resmi - AirAsia juga memperkenalkan layanan online B2B kepada travel
agent. Fitur berbasis internet dengan informasi ketersediaan kursi secara real
time yang pertama di Asia. Travel agent dapat melakukan pembayaran secara
virtual melalui kartu kredit.
f)
Layanan
pelanggan untuk lebih baik - AirAsia secara terus menerus cari mencari cara
untuk melayani lebih baik dan memberikan penghematan lebih lagi kepada tamu
nya.
Keamanan yang utama, AirAsia (PT. IAA) melakukan pemeriksaan rutin
pesawatnya di hangar Garuda Maintenance Facilities (GMF). Kegiatan in merupakan
komitmen kepada masyarakat bahwa Indonesia AirAsia selalu patuh pada ketentuan
keselamatan penerbangan. Saat ini GMF sudah memiliki approval EASA (sertifikasi
dari authority Eropa) dan FAA (sertifikasi dari authority Amerika) yang berarti
kualitas perawatan pesawat di GMF sudah diakui oleh dunia internasional.
Daftar Pustaka
karya ini ditulis oleh :
STELLA WIDOWATI – 3203013143 –
KELAS C
izin copas ya gan...
BalasHapus